12 Aksi dan Protes Paling Unik dan Berbeda di Dunia 0

 

 

 

Protes merupakan hak setiap warga negara. Berbagai aktivis masyarakat menyuarakan pendapatnya melalui berbagai aksi dan gerakan protes terhadap pemerintah dan juga sosial.

Nah, selain demo sambil memegang papan yang sering terjadi di berbagai daerah, ini juga ada berbagai demo dan aksi yang menarik, unik dan berbeda yang ada di dunia.

 

 

 

Aksi Minta Jodoh

Image: jabar.tribunnews.com

Demo atau aksi yang paling sering terjadi di Indonesia memang yang berhubungan dengan politik dan ekonomi. Tapi, untuk yang kali ini berbeda. Pada tahun 2016 lalu, salah satu seniman yang bernama Man Jasad melakukan aksi meminta jodoh kepada walikota Bandung, Ridwan Kamil dengan memegang spanduk yang bertuliskan “Kami Menuntut Walikota Bandung Agar Segera Memberikan Jodoh yang Layak Bagi Kami (Forum Masyarakat Kurang Kasih Sayang)”. Mungkin, aksi berdiri ini terlihat sederhana, namun tuntutannya banyak mengundang kontroversi dan komentar masyarakat, salah satunya Walikota Bandung tersebut.

 

 

 

Protes harga susu yang rendah, Belgia

Image: therichest.imgix.net

Karena rendahnya harga susu yang ditetapkan di Belgia, para peternak Sapi melakukan protes dengan membawa sapinya dan memerahnya langsung ke arah para polisi yang berlindung di dalam tamengnya.

 

 

 

Aksi Femen, Prancis

Image: nydailynews.com

Kamu pasti akrab banget dengan istilah feminisme, kan? Nah, feminisme ini punya berbagai aliran, ada feminis radikal, liberal, sosialis, eco dan kultural. Aksi femen yang turun ke jalan sambil bertelanjang dada ini adalah aksi para feminis liberal yang memperjuangkan hak perempuan dan memprotes seksisme yang terjadi di negaranya. Gerakan ini memang dimulai dari Ukraina, dan sudah banyak tersebar di Amerika.

 

 

 

Semen Kaki, Jakarta, Indonesia

Image: tv.liputan6.com

Pada bulan Maret kemarin, para petani dari Pegunungan Kendeng melakukan aksi mencor kaki dengan semen di dalam kotak kayu. Protes ini dilakukan di depan Balai Kota yang menolak pabrik semen.

 

 

 

Aksi mengubur diri, Jakarta

Image: banjarmasin.tribunnews.com

Aksi mengubur diri memang sudah pernah beberapa kali dilakukan di Indonesia, salah satunya adalah aksi dari para petani Telukjambe dari Karawang untuk memperingati Hari Buruh tahun 2017 ini. Aksi ini dilakukan untuk memperjuangkan hak mereka yang dirampas.

 

 

 

Silent protest para pesepeda, Toronto

Image: cp24.com

Keamanan para pesepeda di Toronto memang memprihatinkan, seperti banyaknya korban pesepeda yang mengalami kecelakaan di jalan, salah satunya adalah pesepeda yang meninggal karena tragedi tabrak lari. Pada tahun 2015 lalu, para pesepeda melakukan aksi moment of silence dengan diam diri tergeletak di jalanan bersama sepedanya masing-masing dengan mata terpejam untuk mengenang para pesepeda yang meregang nyawa di jalan.

 

 

 

Mass Nursing Protest, Amerika dan Eropa

Image: dailymail.co.uk

 

Menyusui merupakan hal yang natural. Meskipun beberapa daerah di Amerika Serikat sudah memberlakukan hukum untuk bebas menyusui di tempat umum, namun beberapa hotel dan restoran masih melarang dan meminta para tamunya untuk menutupi tubuhnya saat menyusui. Salah satunya adalah Hotel Claridge yang meminta pengunjungnya untuk menutupi tubuhnya saat menyusui. Selain itu, di Kentucky, Amerika Serikat, seorang manajer restoran juga pernah menegur tamunya saat sedang menyusui di dalam restoran, padahal, saat itu, hukum di Kentucky telah memperbolehkan para ibu untuk menyusui di tempat publik.

 

 

 

Protes terhadap hak binatang, Barcelona

Image: amusingplanet.com

 

Dalam peringatan “Day Without Meat” tahun 2013 lalu, para aktivis para pecinta binatang di Barcelona melakukan aksi protes terhadap kekerasan binatang dengan melakukan simulasi tubuh manusia seperti bungkusan daging mentah yang dijual di supermarket. Meskipun aksi ini hanya dilakukan oleh satu orang, namun bisa dibilang, aksi ini cukup menyentuh hati.

 

 

 

 

Salt Water Challenge, Palestina

Image: cnn.com

Aksi yang satu ini memang terlihat seperti challenge atau tantangan yang jadi viral. Tapi, pada dasarnya, aksi meminum air mineral yang dicampur dengan garam ini adalah kampanye solidaritas terhadap para narapidana Palestina di Israel yang diperlakukan tidak manusiawi. Setiap orang yang berpartisipasi dalam kampanye solidaritas ini bisa menantang siapa pun dan mengharapkan mereka juga berpartisipasi sebagai bentuk solidaritas.

 

 

 

Aksi penolakan full-body airport scanner, Jerman

Image: cnn.com

 

Dengan moto “you do not need to scan us – we are already naked“, sekelompok aktivis melakukan protes bertelanjang diri mengelilingi bandara karena sistem keamanan di Jerman, yaitu full body airport scannersScanner ini menggunakan teknologi canggih yang bisa melihat bagian tubuh hingga tanpa busana tanpa harus melepas pakaian. Para aktivis ini memprotes demi mempertahankan privasinya.

 

 

Demonstrasi Sepatu di Prancis

Image: straitstimes.com

Menjelang konferensi perubahan iklim di Prancis atau konferensi COP 21, pemerintah melarang adalah aktivistas demo atau unjuk rasa untuk alasan keselamatan. Namun, para aktivis nggak kehabisan akal dengan melakukan demonstrasi yang diwakilkan dengan jejeran sepatu. Ada lebih dari 10 ribu sepatu berjejer di depan Place de la République pada tahun 2015 lalu.

 

 

 

Aksi protes terhadap KFC, Kamboja

Image: phnompenhpost.com

 

Tahun 2012 lalu, para aktivis dari PETA atau People for the Ethical Treatment of Animals melakukan aksi mengurung diri di dalam kandang sebagai bentuk protes karena cara pembunuhan ayam yang dilakukan KFC dianggap terlalu kasar dan kejam. Selain itu, protes terhadap KFC pun juga terjadi di Sydney.

Share

Recent comments